Senin, 10 Agustus 2009

Bonsai Wahong

Pohon Wangon Pada mulanya saya mendengarnya aneh, setelah saya bekerja dengan seorang hobis tanaman hias dan sekian lama mengenalnya saya jadi sangat senang. apalagi di lihat dari bentuknya yang unik dan bandel. pohon ini sangat tahan dari medan yang sangat keras seperti batu karang dan hidup di tebing yang curam. pernah waktu itu saya ingin ganti pot bonsai wahong, akarnya seperti bertarung dengan batu tebing yang sangat keras. saya ingin mengurangi batu tebingnya karena terlalu besar batunya jadi tidak proposional dengan pohonnya. saya sangat terkejut, ya tuhan pohon ini sangat hebat dan kuat sampai saya lihat batu karangnya retak.
Waktu itu palu yang saya pukulkan saja sampai beberapa kali batu karangnya tak bergeming dalam bahasa saya tak berubah seperti semula. sampai tangan saya terkelupas. itu artinya masih banyak hal yang mesti kita pelajari dan renungkan, betapa kita manusia kadang kala sombong dan takabur. saya bandingkan tangan saya yang saya anggap kuat kalah dan tidak akan bisa seperti akar pohon wahong memecahkan batu karang. pada dasarnya akarnya saya gunting saja putus. suatu penciptaan yang sangat baik dan sempurna. terutama daunya sangat khas, Aromanya sangat enak untuk menenangkan hati.

1 komentar: